Namamu… Anggraeni? “Kesetiaan Dewi Anggraeni”

Anggraeni,  hum…ada yang dari kalian memakai nama ini ,di depan,di tengah atau di akhir bagian nama kalian?, atau barang kali ada teman,sahabat kalian menggunakan nama ini, ok ok minimal pernah mendengar nama ini ya..,sip!^^

Aku sedikit akan bercerita tentang Anggraeni, baiklah… lengkapnya Dewi Anggraeni. Mungkin ada dari kalian yang tidak mengenal Dewi Anggraeni ? OK ada, jika ada..berarti tepat untuk aku menuliskan tulisan ini.^^ , kelihatan banyak…hahahahaha^^

Dalam mitologi jawa, yang di jawai epos pewayangan Ramayana dan Mahabarata. Dewi Anggaraeni merupakan seorang istri dari Palgunadi. Dewi Anggraeni adalah istri yang sangat setia kepada suaminya. Begitu pula dengan Bambang Palgunadi , rasa sayang dan cintanya kepada sang istri menciptakan keluarga yang harmonis,rukun, tentram.

Dalam pewayangan, terlihat kesetiaan Dewi Anggraeni dalam lakon Palgunadi Marguru Manah. Di ceritakan Dewi Anggraeni merupakan istri yang setia, yang selalu menemani kemanapun suaminya pergi. Termasuk saat Palgunadi ingin belajar memanah kepada pendeta Durna.

Dalam tempat berlatih, Palgunadi sempat berkenalan dengan Arjuna, ksatria Pandawa nomer 3. Perkenalan Arjuna dan Palgunadi terjalin semakin kuat. Namun dalam ikatan tersebut ada maksud lain Arjuna, yaitu ingin merebut Dewi Anggraeni dari Palgunadi karena terpikat kecantikan Dewi Anggraeni.

Suatu ketika Palgunadi ingin menengok orang tuanya, karena tempatnya yang begitu jauh, Palgunadi menyarankan Anggraeni untuk tidak ikut. Dengan berat hati Dewi Anggraeni tidak ikut suaminya dan bersedia tinggal.

Oleh Arjuna, kepergian Palgunadi merupakan sebuah kesempatan untuk memiliki Dewi Anggraeni. Dengan penuh percaya diri Arjuna masuk ke kamar Dewi Anggraeni. Arjuna segera merayu dan mengungkapkan perasaannya kepada Dewi Anggraeni.

Bagaimana menurut kalian? Apakah Dewi Anggraeni akan jatuh ke tangan Arjuna? ^,- Tercerat rayuan , seorang ksatria Pandawa nomer tiga ini, yang pandai memanah, di tunjang dengan ketampanan sampai  di sebut lelananging jagad pawayangan. Arjuna juga mendapat panggilan Janaka,Jlamprong yang berarti bulu merak ^^

Kalau sekarang ,bisa di bandingkan dengan siapa ya? Hum….^^para artis korea kah? Woakakakakakakakak, mungkin karena tampannya dan karakter Arjuna ini bikin wanita klepek – klepek saat itu ya hahhahahahahaha ^^ , tak banyak yang bisa menolak ni orang…><, aku baca istrinya saja ada 21 orang itupun dibawahnya masih ada “dll”…heleh..ckckckckckckckck =,=

Kulanjutkan okay? ^^ yupz!

Meskipun arjuna begitu tampan, lelananging jagad pawayangan. Hal itu tak membuat Dewi Anggraeni kepincut. Anggraeni menolak mentah – mentah ,dan berlari menyusul suaminya yang telah berjalan jauh. Dewi anggraeni gembira mampu menemukan suaminya, dengan isak tangis dia menceritakan apa yang telah terjadi, bawasannya Arjuna hendak merayu dan merebut kehormatannya.

Singkat cerita , Palgunadi marah dan mengajak Arjuna berperang. Karena Palgunadi mempunyai Kadigdayaan yang lebih unggul berhasil mengalahkan Arjuna.

Arjuna berlari dan meminta bantuan Pendeta Durna. Kelicikan pendeta Durna mampu mengalahkan Palgunadi, Palgunadi mati.

Tentu saja , kematian Palgunadi membuat terpukul Dewi Anggraeni, sebagai bentuk kesetiaannya kepada sang suami, Dewi Anggraeni akhirnya bunuh diri.

Disini di ceritakan Dewi Anggraeni merupakan istri yang sangat setia dan berbakti ke pada sang suami Palgunadi. Ketampanan seorang Arjuna ,dan karakter Arjuna (sosok yang mampu di rangkul semua suku,ras , maupun golongan,seorang bapak ,pengayom dan pelindung wong cilek) kesatria Pandawapun tak mampu meluluhkan hatinya, dia memilih tetap setia ke pada Suaminya Palgunadi.

 

Seorang Arjunapun, yang selama ini dinilai orang sosok yang sempurna, dengan wajah dan kapribadiannya, tetapi diapun bisa melakukan kesalahan(merayu Dewi Anggraeni). Hum..memang tidak ada yang sempurna, begitupun seluruh ksatria Pandawa, tak ada yang sempurna…^^

Yah….begitulah sedikit ceritaku tentang dewi Anggraeni, hahahahahaha….soalnya waktu baca – baca teringat teman – teman yang mempunyai nama Anggraeni…,setia…^^

Salam culun Blogger dan perjuangan!

Dari kawanmu Eko indriasto.

God bless u all guys!^^d

Tulisan ini ku buat, setelah membaca buku Tasawuf Pandawa karya Muhammad Zairul Haq.

 

Categories: Uncategorized | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Namamu… Anggraeni? “Kesetiaan Dewi Anggraeni”

  1. Alhamdulillah namaku memiliki arti yang baik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: