Wisuda

toga1

Wisuda,ya.., sebuah moment yang sangat diharapkan setiap mahasiswa siapapun itu termasuk saya, :D  memakai toga berdiri dengan rasa haru dan bahagia ,bersama keluarga dan orang – orang terdekat tersayang kita. Hari sabtu (16/03) Ini merupakan kali pertama bagi saya menghadiri acara wisuda teman saya satu fakultas. Saya diundang untuk datang bersama dengan teman teman saya yang lain. Melihatnya memakai seragam, toga, berwarna hitam kuning seperti mengatakan pada saya, “telah ku selesaikan kawan.., dan ini semua adalah awal baru bagi saya..”.

Ya.., sebuah akhir yang menjadi awal…,akhir lulus dari perkuliahan dengan setiap perjuangan dan jerih payah menuntut ilmu pengetahuan. Dan menjadi awal baru menapaki dunia kerja, terjun kepada masyarakat, berbakti. Indah..,membuka lembaran baru putih bersih yang kemudian mereka akan tuliskan cerita –cerita baru perjalanan kehidupan yang akan mereka lalui.^^

Dalam prosesi Wisuda ,saya tertarik dengan makna toga , apa sebenarnya toga dan apa makna yang terkandung dalam proses pemindahan tali toga dari kiri kekanan oleh rektor, sesampai dikos saya mencoba bertanya kepada mbah google, “mbah , sebenarnya apa itu toga, topi hitam ada kuncir kriwir kriwir, kemudian rektor memindahkan dari sebelah kiri ke kanan?” GPL.. : D  kemudian dengan penuh kebijaksanaan mbah google menjawab  seperti ini “toga adalah sebuah simbolisasi bahwa mahasiswa itu telah lulus dan mereka siap untuk terjun langsung ke masyarakat nak…, tali toga disebelah kiri kog ga disebelah kanan? Dan kemudian sang rektor memindahknnya ke kanan..?, itu mengartikan bahwa selama perkuliahan kebanyakan mahasiswa hanya memakai otak kiri, lha ngene lho nak..otak kiri itu hanya berhubungan dengan bahasa dan hafalan lha setelah dipindahkan ke kanan itu mengartikan bahwa agar setelah lulus para sarjana itu tidak hanya menggunakan otak kiri tetapi juga otak kanan ..lha otak kanan ini berhubungan dengan imajinasi, kreatifitas dan inovasi gitu nak..paham..? ”

“o..ngoten to mbah, nembe mudeng kulo..”

“iya nak, gitu…lulus kapan kwe?”

“senen mbah…”😀

“wisuda..?”

“dinten sebtu mbah…” 😀

Itu tadi diskusi saya dengan mbah google, yang sudah banyak pengetahuan dan pengalaman.

satu hal yang jangan sampai terlupakan adalah , apa? foto bersama! tepat! hahahaha,😀 kehadiran teman – teman waktu wisuda adalah sebuah kebahagian bagi mereka, mendengar  ucapan selamat, pelukan ,jabat tangan dari teman- teman  seperjuangan ,yang pernah merasakan suka duka bersama..ya! aku percaya ini merupakan sebuah moment yang sangat membahagiakan.

Selamat kawan kawanku, selamat menuliskan cerita cerita kehidupan baru kalian, aku berharap kalian benar benar mengisinya dengan tinta warna yang sangat indah, kreatif, sehingga apa yang kalian jalani tidak menjadi sesuatu yang membosankan dan bermanfaat bagi sesama. Tuhan memberkati kalian, dimanapun, kapanpun , apa yang kalian kerjakan menjadi tugas dan tanggung jawab kalian, GBU all my frens.! ^^d

NB: obrolan ini terinspirasi dari teman saya Herditya.😀

Dari kawanmu : eko indriasto ^^

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

