Cuap cuap sedikit tentang ni buku, Your Job is not Your Career.

yourjobisnotyourcareer_thumb

 

Sebuah buku yang keren, sudah lama ingin membacanya dan barusan kesampaian.  Terimakasih untuk sahabatku Furi yang telah dengan iklhas meminjamkan buku ini kepadaku. Hahahaha sebenarnya ingin lebih lama mengobrol denganmu setelah sekian lama, mungkin lima tahun ya kita tidak bertemu. Dan sore itu aku menyempatkan diri untuk datang kerumahmu mengambil buku ini, sekalian main. Baru ketok pintu, suara tawamu yang khas, ceria ,dari dalam terdengar ke telingaku, seperti bunyi bell “KIKIKIKIKIKI”. Kamu membuka pintu ,mempersilahkanku masuk , duduk.

Ya ,ini adalah awal aku berbicara dengan detektif wanita, kau duduk didepanku menanyakan berbagai macam hal dengan sangat antusias,sesekali kau kibaskan jilbabmu kesamping, menggerakan tangan mempertegas argumentmu, pertanyaan hebat sekali pikirku seperti jurnalis😛, 5W 1H kau gunakan itu untuk “mengorek” informasi tentang diriku disela dengan candaanmu yang benar – benar membuatku geleng – geleng kepala.😀

“kog durung rampung – rampung, suwemen, ngopo wae kwe ki, alasan mereka opo, mosok to.. yo gur wong telu, kog yo ribet banget, kwe ojo ke DO lho , nopo motormu mbok parker nang kene, kog rak nang kunu?, bagaimana pandangan seorang mahasiswa yang idealis, durung banyak pengalaman di dunia luar, gek kudu ngene, kudu ngene” itu sedikit ocehanmu yang kurangkum dalam otak ini, ya aku rasa itu mungkin masih sekitar seperempat pembicaraan kita, belum aku mau ngomong..um…gini,CUT,  kau sudah bla…bla…bla..bla..😛

1 jam terasa sebentar,sampai kamu hanya bilang kepadaku 30 menit di twitter. Kita mengobrol kesana kemari, dari perkuliahan, pemikiran idealis, mahasiswa, motivasi,wisuda, pekerjaan,sistem ujian, format penulisan TA, perpustakaan online ITS “kwe login to tapi kwe rak iso – iso”, sampai motivasi mahasiswa masuk ke sebuah Fakultas : “suka sama dosennya, suka sama asdosenya, biar bareng terus sama pacar, biar ada yang bantuin, dll…dll” dengan gaya khasmu, sampai masalah .,advantage disavantage LDR-pun kau bahas :P   , ah…kau ini kelihatannya pengalaman sekali.😀 hihihi

Aku benar – benar menikmati saat mengobrol denganmu, duduk, bercanda, tertawa. Ya memang waktu terasa cepat berlalu, ketika dua sahabat yang sudah lama tidak bertemu dijadikan satu dalam ruang tamu, ceriwis, kadang ga jelas, lupa sampai mana pembicaraan, HAHAHAHAHA. =,= kau lupa memberikanku air minum..😛

Ok cukup , saya akan sedikit berbagi dengan kalian tentang buku yang barusan saya baca, gatel rasanya kalau ga cerita hihihihi😀.  Buku ini berjudul your Job is not your Career, buku karya Rene suhardono bersampul hitam dengan ketebalan 164 halaman. Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa Job itu ya sama dengan career, tapi setelah saya membaca buku ini ternyata tidak sama, Job tidak sama dengan career, saya menilai Career lebih dari sekedar Job. Career berhubungan dengan passion, tujuan hidup, values, happiness , dan Job menyangkut tentang tujuan perusahaan, job description, lingkungan kerja dan kompensasi.

Dari buku yang saya baca Career merupakan totalitas kehidupan profesional sejak mata terbuka di pagi hari hingga kembali tertidur lelap. Tidak semata terkait dengan cara – cara meraih penghidupan , career berhubungan erat dengan passion, tujuan hidup , value, dan motivasi berkarya untuk memberikan kontribusi kepada lingkungan. Your career is yours. We are the boss of our own career.

Job sendiri adalah sebuah instrument atau alat bagi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi, sarana bagi individu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan berkarya, jalan untuk berkembang secara pribadi dan profesional. Your job is not your career,

Membahas tentang career tak terlepas dengan passion? Apa itu passion? It is (NOT) what you’re good at. It is what you enjoy the most. Passion adalah sesuatu yang kita sukai, ketika kita melakukannya kita benar – benar merasa bahagia, kita menikmati setiap step apa yang kita lakukan, passion berasal dari hati yang terbuka dan tulus, terlepas dari atribut – atribut, kompensasi, uang, dan jabatan. Passion selalu memperlihatkan keunikan diri kita, soul kita. What you do should reflect Who you are. Passion sudah ada dalam setiap diri kita, Tuhan sudah berikan itu. It is within you. It is your uniqueness.

Why Passion? , You are your most resilience, your most innovative, and your most amazing in your passion. Your passion shall lead you to the best version of yourself. Saya sangat menyukai kalimat ini, dengan kita menemukan passion kita , kita menjadi the best version of ourself, kita mampu mencapai potensi optimal pada diri kita.

Memang tidak mudah menemukan passion dalam diri, tapi mencoba menemukannya jauh lebih baik dari pada tidak peduli sama sekali. Sekali lagi perlu kejujuran dalam diri dan keterbukaan untuk menemukannya. Apa yang ingin kau lakukan dan itu sangat kau sukai,tak terasa lelah ketika kau melakukannya. Soalnya banyak juga para pekerja yang sudah berpuluh puluh tahun bekerja tapi mereka tidak tahu,bekerja sesuai dengan passion mereka.

Saya merasa beruntung sekali bisa membaca buku ini, sebelum saya memasuki dunia kerja. Ini awal bagi saya untuk mulai mencari dan  menemukan passion saya. Ini menjadikan pertimbangan bagi saya untuk memutuskan dimana saya bekerja nanti, tentunya ditempat dimana bisa mengembangkan passion saya, tidak sebaliknya mematikan passion dalam diri saya. Saya percaya, passion adalah pemberian Sang Pencipta, dan Dia juga yang akan tuntun , menempatkan saya di tempat yang tepat ,di waktu yang tepat..begitupun juga dengan kalian.😀

Jika membaca buku ini saya teringat akan sebuah film yang pernah saya tonton, yup 3 IDIOT.  :D pengen nonton lagi😀

 

sekali lagi terimakasih Furi..😀 #ki foto tak jipuk seko FBmu😛

923358_4867430251606_583342939_n

 

Sumber: Buku Your Job is Not Your Career karya Rene Suhardono.

 

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

