Sebentar lagi ya..its Okay!

skripsi C Satu dari tiga tahapan ujian Skripsi yang akan menentukan saya menjadi Sarjana Teknik baru akan saya lewati, tanggal 15 juli, ya kurang lebih dua minggu lagi. Mungkin beda dengan kalian, di fakultas kami , kami harus melewati  tiga kali ujian untuk lulus menjadi sarjana teknik yaitu ujian awal, lanjut dan akhir , ketiga ujian ini maksimal kami tempuh dalam kurun waktu 1 tahun.

Untuk skripsi saya kali ini , saya  mengambil judul sistem elektronik nose sebagai pendekteksi formalin pada tahu. Berdasarkan latarbelakang banyaknya para pedagang atau tempat – tempat produksi yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet, ini tentunya sangat membahayakan bagi para konsumen.

Tahu sendiri merupakan bahan makanan yang kaya akan gizi nabati, mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Karena harga yang murah dan mudah ditemukan maka banyak konsumen mengkonsumsinya,kita tau ,tahu mempunyai tekstur yang halus dan mudah rusak untuk mengantisipasi kerugian akibat tahu yang tak laku jual maka tak jarang para pedagang yang tidak bertanggungjawab menggunakan formalin sebagai pengawet.

Dilihat dari segi peraturanpun, jelas. Formalin sudah dilarang penggunaanya sebagai bahan pengawet makanan. Siapapun yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet seberapa persen kecilnya , benar – benar tidak diperbolehkan, jikalau ditemukan akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang diberlakukan.

Ide pembuatan sistem elektronik nose ini sebenarnya berasal dari dosen saya, dan saya tertarik untuk membuatnya sebagai tugas akhir saya. Memang ini baru pertama di Universitas saya, tapi sebenarnya sistem elektronik nose sendiri sudah lama dan beberapa Universitaspun baik dalam maupun luar negri sudah banyak yang melakukan penelitian. Saya mencoba mencari banyak refrensi dari jurnal dan buku, saya kumpulkan informasi sebanyak – banyaknya untuk mendukung tugas akhir saya ini.

Perlu beberapa bulan untuk saya menyelesaikan proposal awal saya melewati beberapa kali revisi. Baru setelah revisi ketiga kalinya saya mendapatkan acc dari dosen pembimbing saya. Lega rasanya, tinggal tunggu jadwal pikir saya. Banyak hal yang saya pikirkan, dan jujur sampai saat ini ada yang belum saya temukan jawabannya, sempat membuat saya ragu. Saya tak mau berhenti disini, saya ingin melihat mengalaminya baru saya akan mencari jalan keluarnya. Saya tak ingin terlalu banyak pikiran asumsi dan spekulasi kedepan yang kadang menghambat saya. Singkirkan semua itu, dan saya melangkah kedepan.

Kadang apa yang kita pikirkan tak sesuai dengan kenyataan, kita terlalu cemas, namun kecemasan itu sebenarnya tak beralasan, ini benar – benar akan menghilangkan kebahagiaan. Saya akan hadapi setiap pertanyaan – pertanyaan yang muncul, saya akan hadapi ketidaktahuan saya, justru inilah proses belajar, ketika timbul sebuah pertanyaan dan kita berusaha mencari tahu,selanjutnya kita menjadi tahu. Ingat sebuah kalimat yang hebat dari seorang penemu lampu Thomas Alfa Edison “I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.”. Ini bukan mengenai gagal atau tidak, ini mengenai proses saya belajar.

Saya  tahu akan banyak hal yang akan saya hadapi kedepan, bisa jadi ini tidak mudah. Saya percaya Tuhan bersama saya, bukan untuk menghilangkan setiap persoalan, tapi menguatkan saya untuk menghadapinya, mendewasakan saya.

Saya mulai.

skripsi b

skripsai

 

 

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

