Kesederhanaan Kebahagiaan jiwa

Kebahagiaan-Hidup

Kalau di pikir – pikir memang tidak ada pengaruhnya kebahagiaan orang lain itu. Kebahagiaan mereka , ya itu milik mereka. Kita memiliki hidup masing – masing mempunyai kebahagiaan masing – masing pula. Aku tidak bisa mengatakan orang yang memiliki mobil mewah lebih bahagia dari pada orang yang naik becak, tak tentu. Kata orang kebahagiaan tak hanya dinilai dari materi, benar juga. Kita tak bisa memastikan orang yang tiap hari bisa makan daging lebih bahagia dari pada orang yang hanya makan tempe dan tahu.

Banyak para artis yang bergelimang harta, tapi hidupnya “tak beres”.., mobil ada, rumah mewah ada, semua kebutuhan terpenuhi, tapi kenapa raut muka mereka tak memperlihatkan kebahagiaan?, apa yang kurang bagi mereka?, ya ini salah satu bukti bahwa kebahagiaan memang tak terletak pada harta. Tetapi banyak pula tu kasus – kasus pembunuhan , pencurian karena berlatarbelakang kesulitan ekonomi, intinya mereka ingin kebutuhan terpenuhi dan hidup bahagia, semua mengarah kepada kebahgiaan, gaji gede, rumah mewah, mobil mahal, semua berujung pada kabahagiaan, semua orang ingin bahagia, bahagia dijadikan sebagai tujuan, bukan sebuah jalan.

Aku kadang berpikir flashback kebelakang akan semua yang telah terjadi. Okay, beberapa nilai perkuliahanku bisa dibilang tak berlebih, juga tidak terlalu kurang, jujur banyak C nya hahahaha. Jika melihatnya ,siapa sih yang tidak sedih?. Tapi aku berusaha menerimanya dengan rasa syukur, ku peroleh setiap nilai dengan usahaku, tanpa kehilangan rasa damai dan sukacitaku karena tindakan – tindakan yang tidak tepat. Aku mempunyai teman – teman yang luar biasa, semua ku capai tanpa kehilangan sesuatu yang berharga bagiku.

Jikalau aku kehilangan kebahagianku, kedamaian dalam hatiku, aku telah melakukan perbuatan yang salah, sesuatu hal yang tidak senada dengan suara hatiku telah kulakukan. Bagiku kedamaian adalah hal yang sangat berharga bagiku. Aku tak mau mengorbankannya demi keegoisanku.

Aku pernah dengar manusia itu tak mudah puas, ada aja keinginannya, ingin ini ingin itu, habis ini trus itu. Apa ga lelah ya..dalam sebuah buku yang kubaca aku menemukan sebuah kutipan yang sangan menarik “ Cukup membuat hidup ini lebih simple”, keinginan yang sederhana membuat diriku lebih damai dalam menjalani kehidupan ini.

Aku ingin menikmati setiap apa yang ku jalani, dimana diriku berada, bersama siapa, apa yang kulakukan, aku ingin menikmati itu semua. Bukan waktu nanti keinginanku tercapai, tapi sekarang, detik ini, di milimeter ini. Tak ada jalan menuju kebahagiaan, karena kebahagiaan itulah jalannya. Kebahagiaan adalah keputusan kita, ada didalam hati kita.

Nikmatilah hidup ini dengan rasa syukur dan kesederhanaan hati.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

