Mustahil jika kau harus membahagiakan semua orang

 

Kita tak bisa membahagiakan semua orang, itu realitanya. Banyak orang takut  akan dibenci, ditinggalkan sahabat, teman akan keputusan yang mereka ambil.  Kita membuat keputusan tak sesuai dengan kata hati kita, tak sesuai dengan apa yang kita percayai dan yakini, ya itu kita lakukan hanya untuk membuat orang lain mengatakan setuju, bahagia , senang bersama kita. Apa kita merasakan kebebasan? Tentunya tidak, kita tidak hidup dalam apa yang kita yakini, kita hidup dalam bayang – bayang kecemasan, pandangan orang lain akan kita.

Kita tidak bisa membahagiakan semua orang, tidak bisa membuat semua orang mengatakan “ya” , “ok” kepada kita. Akan selalu ada pro dan kontra, like dan dislike, itu wajar. Semua orang mempunyai pemikiran sendiri – sendiri. Semisal saja waktu saya harus menjadi ketua malam temu, saya harus membuat keputusan agar semua panitia membantu dalam usaha dana dengan melakukan penjualan makanan, waktu semakin mepet. Saya yakin tidak semua setuju, tapi ini harus dilakukan. Jika saya harus menunggu semua setuju dengan keputusan ini dan baru dijalankan, saya katakan itu sesuatu yang mustahil. Saya memahami kondisi saat itu, dan harus memutuskan apa.

Kau tahu akan apa yang kau percayai dan yakini, melebihi orang lain. Jangan takut membuat keputusan, ataupun bicara akan hal yang ada dalam pikiranmu. Saya katakan jikalau ada yang tidak suka itu wajar, itu diluar kontrol kalian. Jadilah diri sendiri, bukan menjadi orang yang dibentuk karena pemikiran ataupun gambaran orang lain, itu membuat diri kalian bisa lebih bebas.

Percayalah dengan apa yang kau yakini, dengan apa yang kau putuskan itu adalah yang terbaik untuk sesama. Suatu saat orang akan melihat, kau tidak salah dalam mengambil keputusan itu. Dan penilaian ini perlu waktu, bisa saja setahun kedepan, dua tahun kedepan, mereka baru akan menyadarinya.

Kita tidak bisa membahagiakan semua orang dengan sikap kita.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: