“Si Pengejek”

1

Banyak orang akan berjalan masuk dan keluar dari hidupmu. Tetapi hanya teman – teman sejati yang meninggalkan jejak langkah dihatimu.

Eleanor Roosevelt

Enam tahun bersamanya , bukanlah waktu yang sebentar. Aku masih ingat saat awal dia yang menunjukan tempat kost yang sampai saat ini masih ku huni, tak pernah berganti.  Tempat kost berwarna merah , belakang burjo berada di jln Cemara Raya 838. Tempat dua lantai inilah yang menjadi saksi diam bisu setiap kenangan – kenangan kebersamaan kami, mengerjakan TR, belajar, bermain,semua hal yang kami lakukan sebagai seorang mahasiswa.

Dia temanku Herditya Christianto, berperawakan agak gemuk , 75 kg, tinggi badan lebih tinggian aku sedikit,  alis mata tebal, dan satu hal yang menjadi impiannya, bagian tubuh ini sering kali dia komentari, dia elus elus dengan kedua tanganya “ lambang kesejahteraan”. Apa ? mengecilkan perut bulatnya.

Bersamanya harus ekstra sabar, pandai dalam menata  hati dan pikiran, terutama hati. Ya ,bersyukur aku menjadi orang yang sabar, tenang selama bergaul dengannya. Beberapa teman bertanya kepadaku “kamu betah kost dengan orang yang seperti itu?” , aku hanya tersenyum menanggapinya. “Memang dia seperti itu, semua orang tahu, aku sudah terbiasa dengan sikapnya, kami sudah bersama satu kost beberapa tahun, sikapnya bukan suatu hal baru bagiku” pikirku.

Tidak terhitung berapa kali dia selalu megejekku, tapi Tuhan memberikanku kesabaran yang hebat, aku bisa menghendel itu semua. Kata – katanya kadang menyakitkan hati,namun keputusanku untuk bahagia lebih besar dari pada memendam sakit hatiku. Jadi aku biasa saja, aku tahu itu cara dia bercanda, yang kadang memang melebihi batas.

“ayo bro war!!” .Bermain PES, bisa dibilang inilah neraka bagiku hahahaha bercanda. Disinilah aku selalu mendapatkan ejekkannya, sering kali aku kalah bermain dengannya, mukanya  congkak, mulutnya bertambah besar,  selebar pintu kost ketika membuat gol.

Masih ingat aku ditantang untuk mengalahkan team  Real madrid, ini team adalah team favoritnya, ada Ronaldo dan Benzema dua pemain inilah yang sering mengobrak abrik team yang ku pakai, hampir serasa tidak mungkin untuk mengalahkannya. Umpan depan , benzema mengejar , habislah sudah. Dia mengalahkanku dengan telak  5-0,7-0, 10-1  dll..dll…dll.. jika diakumulasikan ?…?…?..? banyak sekali:D. Aku percaya suatu saat nanti aku akan mengalahkan team itu, entah kapanpun itu. Dia akan mentraktir mie ayam kalau aku bisa mengalahkannya😀. Kami membuat deal,selama kami masih di kost dan bermain, peraturan itu akan selalu berlaku, aku bisa mengalahkan madrid dia akan mentraktirku mie ayam.

Beberapa pertandingan kami jalani, ejekan demi ejekan aku terima, biarin aku sudah kebal pikirku.  Dan sampailah kepada peristiwa bersejarah PES 2013 , masuk dalam majalah TIME peristiwa bersejarah Dunia, aku bisa mengalahkannya, tak hanya sekali, dua kali hahahahahaha, Juventus!!!😀, sepandai – pandainya beruang melompat dia akan jatuh juga😀.

Kalau bermain PES dia heboh sendiri, apalagi kalau dia kemasukan lebih awal, kepalanya akan bertambah panas, dia akan meminum air putih lebih banyak, memakan cemilan lebih cepat😀 . Pada saat aku unggul, sudah dipastikan dia akan segera mengejar, aku bisa dikurung habis – habisan setengah lapangan, dalam situasi seperti ini terpikirkan olehku untuk membuat strategi all out defense, tapi janganlah ga seru😛.  Dia sangat malu kalau kalah PES dariku itu katanya sendiri😀. Aku tetap stay cool, bisa jadi jika dia kalah dariku congkaknya yang tinggi segunung itu akan langsung hancur berkeping – keping hahahaha. Berbagai macam teknik dia gunakan meniru dari youtube “teknik tadi aku harus mencet tiga tombol bersamaan sekaligus hehehehe” katanya dengan nada ngece, ya karena dia tahu aku tidak bisa lakukan teknik itu.

Tak jarang dia juga menggunakan serangan langsung kepada pemain ,terhadapku, mirip ketika kalian nonton film digimon. Saat seperti inilah tensi semakin meninggi, benar – benar bisa tempur perang dunia ke III di kamar bercat hijau 3 x 3 m. Pertandingan sudah menginjak menit 80 keatas, saatnya peperangan PES dimulai, ini bukan pertandingan bola biasa, tekel menekel akan dilakukan mempertahankan kemenangan. Jika dia bermain dengan orang lain ,apalagi dalam kejuaran PES , jangan harap pertandingan dapat berjalan dengan kondusif, pertumpahan darah bisa terjadi, kartu merah dan kuning bertebaran, memar dipipi kanan dan kiri😀. Sebuah keajaiban dalam pertandingan PES kami jika tidak ada satupun kartu di keluarkan oleh wasit.

Diriku yang masih sendiri (belum punya pacar) sering kali menjadi bahan ejekannya. Seganteng apapun aku, aku takkan pernah mendapatkan pacar katanya😀. Dia adalah orang yang dengan terang – terangan , habis- habisan mengejekku. Aku tak ambil hati, memang ni orang tak bisa hidup jika tidak mengejek, dan akulah yang menjadi bahan ejekannya dikost cemara 838 ini, memberikan dia kehidupan, terimakasih Tuhan aku memberkati sekali, membuat orang senang😀.

Sebenarnya ada sesuatu hal yang ingin ku ketahui darinya, tentang top secret. Aku pernah bertanya padanya , tapi tak dia jawab, sampai sekarang. Pikiranku mengatakan ini masalah cinta, berhubungan denganku. Kalau ditanya dia hanya senyum – senyum, bilang “sudah- sudah…sudah lama, ga usah di ungkit – ungkit, dia sudah jauh diluar negri sana” katanya ketika kami menghadiri acara malam keakraban fakultas.

Di film 3 idiot dia mirip chatur silencer, kau tahu kan seorang yang sombong,suka pamer, penuh trik, pendek berkacamata. Tak jarang dia sering mengejek dan meremehkan orang. Pernah suatu ketika setelah wisudanya dia mau buat  selembar deklarasi kekalahan dengan menggunakan materai , dia meminta aku tanda tangan.😀.

Kami sering tergabung dalam berbagai kepanitiaan kegiatan Fakultas. Sikapnya yang tegas, realistis dan bertanggung jawab membuatnya sering mendapat posisi sebagai ketua Panitia. Akupun mendukungnya. Jika dia sering menjadi ketua panitia, aku sering dibagian perijinannya. Kata temanku inilah bagian spesialisku, perijinan, hampir setiap kepanitiaan yang kuikuti aku selalu di posisikan sebagai perijinan. Namun, aku juga berterimakasih, karena dibagian inilah aku belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain, melakukan lobi, diskusi, pemaparan, dan kesepakatan.

Jika aku adalah burung hantu pada siang hari, diam, anteng maka dia seperti ayam yang baru saja bertelur, brisik suaranya . Tidak hanya aku , teman – temannya juga sudah mengenalnya seperti itu, mengenal dengan sangat baik mulut besarnya😀.

Aku dengannya adalah dua orang yang kontras, berkebalikan. Dia yang membuat kos cemara 838 rame, rame dengan ejekannya😀. Dan aku menjadi orang yang berkontribusi  dalam menciptakan ketenangan. Jika dia  suka koar – koar, gosip , aku suka membaca,menulis penuh ketenangan, blogging. Jika dia suka memimpin didepan, aku disampingnya memotret, mendokumentasikannya sebagai bahan tulisanku di blog batftek. Bisa kau bayangkan jika aku mempunyai tipe kepribadian yang mirip dengannya, “terjadi pertikaian antar penghuni kost cemara raya 838 gara – gara PES” itu akan masuk menjadi topik surat harian Suar* Merdeka kolom Kriminalitas😀.

Sebelum keberangkatannya untuk diklat, meninggalkan kost, dia memintaku untuk berdoa bersama. ini jujur cukup mengejutkanku, aku kira dia hanya bercanda, tapi setelah dia memintanya kembali, aku tahu dia serius. Mengingat dulu ketika kami berdoa bersama, dan aku memimpin doa dia selalu menghitung kata “Bapa” yang terucap olehku, tertawa =.= . Bersama didalam kamar , berdoa, mengingat kembali apa yang telah kami lewati membawaku terlarut dalam emosi, tak ada yang kebetulan aku mengenalnya, kami disatukan dalam Elektro 2007, aku tahu Tuhan menginginkan aku banyak belajar darinya.

Okay kawan, banyak cerita, jika kutulis semua panjang sekali. Biarkan saja ada dalam memori kita, dalam ingatan kita. Sebuah perjalanan panjang yang pernah kita lewati bersama, suka duka. Aku percaya pertemuan kita bukan hal yang kebetulan. Senang mengenalmu dan menjadi bagian cerita hidupmu. Sukses tuk kedepan, aku tidak tahu adakah  target ejekan barumu disana, hahahaha😀. Atau bisa jadi kau akan jadi pendiam karena tidak ada bahan ejekanmu hahahaha😀, bingung mau ngejek siapa😀.

Good luck! GBU brother!

2

3

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

