“Nightmare” (sebuah artikel yang ditulis Albert Einstein tentang Ujian Nasional)

einstein 2

Perlu atau tidaknya Ujian Nasional ternyata sudah lama terjadi, tidak hanya di Indonesia saja lho, tapi sudah ada sejak  jaman Einstein tahun 1917. Saya  akan mencoba menuliskannya disini, sekarang.  Bagaimana pandangan Einstein mengenai ujian Nasional kala itu ya hum…

Di tengah – tengah kecamuk perang Dunia I , dia menulis imbauan yang cukup emosional kepada pemerintahan Jerman agar mengakhiri keharusan bagi murid – murid menempuh ujian akhir yang sulit sebagai syarat kelulusan SLTA. Dengan judul “mimpi buruk”(Nightmare), artikel tersebut muncul pada hari Natal tahun 1917., dimuat pada salah satu koran terbesardi Jerman saat itu.

Dia mengecam terhadap kewajiban mengikuti ujian akhir nasional bagi murid sekolah menengah di Jerman. Dia mengecam kewajiban mengikuti ujian nasional tersebut berdasarkan dua hal: (1) ujian itu tidak ada gunanya bagi murid; dan (2) ujian tersebut berdampak buruk. Ujian tidak ada gunanya karena seorang guru dapat menilai kedewasaan dan kemampuan muridnya jauh lebih baik dalam selang waktu dan interaksi yang cukup lama dibanding dengan ujian akhir yang waktu dan persiapannya lebih singkat. Ujian tersebut berdampak tidak baik karena dua alasan; (1) murid merasa takut atau tegang menghadapi ujian akhir karena masa depannya bergantung kepada hasil ujian tersebut; dan (2) upaya yang melibatkan kewajiban menghafal bahan pelajaran yang begitu banyak dapat membahayakan kesehatan murid dan sering timbulnya mimpi buruk di kemudian hari. Aspek kedua diperburuk oleh kenyataan bahwa proses pembelajaran banyak dibebankan pada  tahun terakhir disekolah. Ketika guru –guru memberikan perhatian yang lebih kecil pada subjek mata pelajaran – tetapi lebih besar pada gengsi nilai akhir – mereka semakin bergantung pada latihan, tekanan, dan dorongan yang datang dari luar, dan semakin kurang menekankan pada proses pembelajaran itu sendiri.

Einstein menyimpulkan artikelnya dengan imbauan : “untuk alasan – alasan tersebut, tinggalkan penyelenggaraan ujian akhir” . menurutnya , penekanan yang berlebihan pada latihan akan merusak rasa keingintahuan murid dan keunikan pribadi, suatu nilai yang paling berharga yang dapat ditumbuhkan dan yang seharusnya dipelihara dan ditekankan dalam proses pendidikan.

Itulah pandangan Einstein mengenai ujian Nasional yang coba saya rangkum.

 

Sumber: Buku Dear Professor Einstein karya Alice Calaprice dan Evelyn Einstein(cucu Albert Einstein)

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: