Tuhan ada untuk setiap umat Manusia

 Teringat kata Paus, “Tuhan kami adalah Tuhan Universal, Agama adalah sebuah jalan, cara bagaimana kita menyembah , memuliakan Tuhan kita”. Tuhan ada didalam setiap manusia, siapapun dia, apapun agamanya, Islam, Hindu, Budha, Kristen Tuhan ada disetiap hati kita yang mengasihiNya. Bukan orang yang berteriak Tuhan – Tuhan, tetapi orang yang menjalankan perintahNya yang akan diselamatkan dan berkenan untukNya.

Orang kadang menjadi sombong akan keselamatan yang telah dijanjikan Tuhan untuk kita. Kita berbuat semaunya. Kita lupa akan perintah kedua dalam alkitab untuk mengasihi sesama. Mengasihi Tuhan dan sesama, saya berpikir ini tidak bisa dipisahkan , ada sebuah keterkaitan. Tidak bisa kita mengasihi Tuhan tanpa mengasihi sesama kita manusia. Bisakah kita berteriak Tuhan dengan menyakiti manusia? Ataupun Demi Tuhan , melempar bom membunuh sekian nyawa?.

Kita diselamatkan bukan karena diri kita, bukan karena kebaikan kita, tapi karena dari kasih Tuhan kepada kita, tentu alasan”aku sudah berbuat kebaikan…banyak kebaikan yang telah kulakukan..aku tidak mencuri, membunuh” bukan menjadikan alasan kita diselamatkan olehNya. Dengan ini kita tidak diperbolehkan sombong akan kebaikan kita, itu tidak ada pengaruhnya dengan keselamatan kita. Tidak perlu kita membandingkan kebaikan kita dengan orang lain, kemudian kita mengkaitkan dengan berkat yang kita peroleh.

Saya tidak pernah mendengar Tuhan melihat agama A ,B atau C, yang pernah saya dengar adalah Tuhan melihat hati manusia. Hati menjadi sumber Tuhan melihat kasih manusia.  Agama diciptakan manusia, manusia tidak pernah lepas dari cela. Agama sudah didomplengi kepentingan – kepentingan duniawi, politik, kekuasaan, bahkan dijadikan sumber korupsi.

Percaya kepada Tuhan dengan menjalankan firman, bukan agama, dan Tuhan ada disetiap hati manusia yang mengasihiNya, siapapun mereka, darimanapun asal mereka. Tuhan ada untuk setiap umat manusia.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: