my dream career .

Entahlah.., lihat saja nanti”. Begitulah biasanya orang menjawab tiap ditanya mengenai pekerjaan. Sebagian besar orang , bahkan saya sendiri kadang bingung, ragu ingin menjawab, memastikan tempat pekerjaan yang akan saya tuju nanti setelah lulus kuliah. Lulus kuliah kemana? Ada yang ingin bekerja, walaupun masih bingung dimana, ada juga yang menjawab mau meneruskan ke jenjang S2 “sekarang lulusan s1 dan banyak, saingannya da banyak…”katanya.

Kemana ya setelah kuliah? Pertanyaan ini sering tumbuh dalam pemikiran saya. Kalau bekerja , iya memang bekerja , tetapi yang menjadi pertanyaan kerja apa, dimana?. Beberapa bulan ini saya mencoba untuk mempertanyakan pertanyaan itu kedalam diri saya. Saya ingin berada ditempat yang tepat sesuai dengan kemampuan dan passion saya.

Saat ini saya sebagai mahasiswa tingkat akhir diperguruan swasta. Saya mengambil jurusan teknik elektronika. Saya sadari, meskipun saya sudah berusaha keras, belajar sungguh – sungguh, saya belum bisa mendapatkan hasil yang baik. Teman saya mengatakan “kamu itu hobby sekali dapat C”. Jika kalian lihat transkrip saya, tidak banyak kalian temukan nilai B apalagi A, kalau C saya pastikan kesepuluh jari tangan kalian tidak cukup untuk menghitungnya, okaylah ditambah kesepuluh jari kaki kalian hahaha.

Saya sadari mungkin memang benar, saya tidak berpotensi di bidang elektronika, ini butuh kerendahan hati untuk mengakuinya, percayalah. Tidak ada yang salah dengan semua ini, tidak ada yang salah dengan apa yang telah saya lewati. Kesadaran ini tumbuh bersamaan dengan berjalannya waktu bertambah kedewasaan seseorang. Saya perlu lebih mengenali diri saya, sebenarnya saya ini memiliki potensi dimana sih?. Apakah di bidang elektronika ataukah malah dibidang lain?, jangan – jangan tidak sesuai dengan apa yang saya pelajari bertahun – tahun ini?.

Saya menjadi teringat akan sebuah buku yang saya baca berjudul my dream career karya Endra K. Prihadhi. Ada sebuah cerita singkat mengenai elang dan hiu. Suatu ketika mereka berdua berkumpul bersama, dilatih sang lumba – lumba untuk berenang. Menurut kalian siapa dari mereka berdua yang bisa berenang dengan sangat baik?. Tentu hiu, karena memang hiu hidup di laut dan berenang. Hiu unggul karena memang mempunyai dasar potensi untuk berenang, berbeda dengan elang. Seberapa besarnya usaha elang takkan mampu menandingi kemampuan berenang hiu. Lebih baik sadar diri, hiduplah sesuai dengan potensi diri,tidak perlu iri dengan potensi orang lain. Kita semua unik, kita memiliki potensi masing – masing.

Jadi selama ini, apakah saya berada di tempat yang salah?. Wrong man in the wrong place?. Tidak juga, menyesali yang telah terjadi hanya akan membuang – buang waktu, tidak berguna sama sekali. Saya berusaha berpikir positif. Saya percaya dimanapun saya berada, situasi apapun itu yang saya hadapi bukanlah suatu kebetulan, Tuhan mempunyai rencana dalam hidup saya begitupun juga dengan kalian, ada sebuah alasan yang besar kenapa itu harus terjadi, I believe it. Okay!!, mungkin saya tidak menyadari alasan itu sekarang, tapi kelak saya percaya, tidak ada yang salah, semuanya tepat adanya. Bisa jadi di tempat inilah saya menemukan potensi yang selama ini tidak saya sadari. Dan percayalah , Tuhan memakai diri kita, kita semua, untuk orang – orang disekeliling kita walaupun mungkin tidak kita sadari.

Saya ingin bekerja sesuai dengan passion saya, sesuai dengan keinginan hati saya. Tidak apa – apa, meskipun itu tidak sesuai dengan apa yang selama ini saya pelajari, elektronika. Saya ingin menikmati setiap pekerjaan saya, bahkan saya tidak bisa membedakan mana bekerja dan berwisata. Tidak ada lagi muncul harapan lekas akhir pekan dan membenci hari senin. Saya ingin menikmati hari – hari saya, bersama dengan rekan kerja, team.

Bekerja, bagi saya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi semata, tetapi juga untuk meningkatkan diri saya, dalam hal kreatifitas, kegokilan, kegilaan, kepenuhan jiwa, membuat hidup lebih hidup. Jangan sampai tempat itu membuat saya kerdil, membuat saya tidak bertumbuh. Memang , gaji awal mungkin kecil, tapi jika bisa saya lakukan dengan baik, saya bisa penuh inovasi, kreatifitas dalam melakukan setiap pekerjaan saya, saya percaya uang akan mengikutinya.

Ya, waktu semakin pendek, saya harus tahu dimana hati ini ingin berada, disitulah raga ini berada, perjalanan menemukan my dream career.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

