Tidak ada yang kebetulan, semuanya mempunyai alasan.

Tidak ada yang kebetulan, mungkin ini kalimat terdengar klasik, sering kalian dengar. Namun apakah kalian mempercayainya?, bahwa apa yang terjadi itu bukanlah sebuah kebetulan, bukan seperti ketika kita melempar koin. Ada juga yang mengatakan everything hapen has a reason, semuanya yang terjadi memiliki alasan. Sebuah alasan yang belum tentu kita ketahui saat ini, bisa jadi dua tahun atau lima tahun kedepan baru kita memahaminya.

Apa yang terjadi hari ini akan memberikan dampak bagi kehidupan selanjutnya. Semuanya saling terkait. Banyak dari kita, termasuk saya sering kali tidak memahami maksud dan tujuan sebuah peristiwa terjadi. Emosi kita, kekecewaan kita, sakit hati sudah menutup ketenangan hati. Semuanya nampak buruk. Kita berusaha mencoba mengubah, namun kita tidak bisa. Terlambatkah? Ataukah ini sebagian kecil dari rencana yang sangat besar?. Lebih dari sekedar pekerjaanmu, keluargamu, cita – citamu ataupun impianmu.

Bagian kita adalah untuk mencoba, berusaha. Selebihnya kita serahkan yang ada di atas. Tidak perlu kuatir akan hari esok. Tidak perlu kuatir akan masa depan. Dia tidak tertidur, Dia tahu setiap usaha kita, Dia adil. Kenapa kita harus kuatir?. Peristiwa yang terjadi tidak akan lepas dari rencanaNya. Dia memiliki rencana yang sempurna. Bukan hanya untuk besok pagi, atau satu minggu kedepan. Tapi jauh jauh kedepan. Kita tidak bisa melihatnya. Dia lebih tahu akan segalanya. Dia tahu ban sepeda motormu akan bocor jika melewati jalan A karena ada paku,maka dia kasih kamu macet jalan A, agar kamu melewati jalan B. Kita tidak bisa memahami itu.

Jika kita melihat kehidupan kebelakang, maka semuanya tepat. Apa yang terjadi selalu memiliki alasan. Dan baru kita pahami saat ini. Jadi masih perlukan kita kuatir mengenai peristiwa yang telah terjadi, baik buruk, kita tidak pernah tahu. Yang pasti, setiap peristiwa akan menjadi alasan peristiwa – peristiwa yang lainnya. Pikiran kita, pengetahuan kita terlalu sempit untuk mengetahui, memahami rencana Tuhan dalam setiap kehidupan manusia.

Dia selalu tegaskan, janganlah kamu kuatir.

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: